Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat buah labu kuning dan banyak kandungan gizinya

Manfaat buah labu kuning


Manfaat buah labu kuning dan banyak kandungan gizinya. Sebagian besar dari masyarakat Indonesia pasti mengenal buah labu, karena biasanya makanan ini disajikan sebagai salah satu bahan makanan dari kolak yang biasanya dijadikan sebagai menu buka puasa.

Labu atau biasa disebut dengan nama waluh merupakan salah satu buah yang bisa disajikan ke dalam berbagai bentuk makanan seperti roti, kue, serta minuman seperti es buah.

Selain daging buah yang terasa lezat dan segar ketika dikonsumsi, biji dari buah labu kuning yang disebut dengan kuaci biasanya juga disukai banyak orang yang biasanya dikonsumsi sambil bersantai.

Kandungan Gizi Buah Labu kuning

Buah labu kuning mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, misalnya beta karoten, protein, lemak, kalori, fosfor, mineral, natrium, kalium, zat besi, seng dan tembaga. Seringkali perut kita cepat merasa kenyang meskipun baru makan sedikit buah labu kuning termasuk pada saat berbuka puasa.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan kandungan karbohidrat dalam buah labu kuning, yang biasanya akan membuat kita menunda untuk makan nasi setelah berbuka puasa dengan kolak yang terdapat labu di dalamnya. Adapun buah labu juga mengandung berbagai vitamin yang sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin A, C, E, K, niasin, tiamin, zeaxanthin, lutein, asam patoneat, riboflavin, folat, B6 dan pro vitamin A yang sangat melimpah.

Manfaat Buah Labu kuning untuk kesehatan


Buah labu kuning yang dijual di pasaran biasanya memiliki berat sekitar 3 hingga 5 kilogram dengan bentuk bulat pipih atau bulat lonjong. Buah labu yang muda memiliki warna hijau sedangkan buah labu yang lebih tua biasanya memiliki warna kuning pucat. Warna oranye atau kuning pada daging buah labu menandakan kandungan beta karoten yang ada di dalamnya, dimana sebagian besar dari buah ini didominasi oleh beta karoten. Karena buah labu kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, maka pastinya buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

Berikut ini adalah manfaat buah labu kuning, diantaranya :


1. Merawat dan menyehatkan mata

2. Melawan radikal bebas

3. Terlihat awet muda

4. Meminimalisir penyakit degeneratif : Hipertensi

5. Mengatasi sembelit

6. Pertumbuhan tulang dan gigi

7. Sebagai zat anti inflamasi

8. Mengurangi resiko stroke

9. Baik untuk penderita Anemia

10. Pengembali energi

11. Sebagai makanan pendamping ASI

12. Membantu sistem imunitas

13. Sebagai obat cacing jus labu

14. Menjaga kestabilan gula darah

15. Menenangkan syaraf


Uraian diatas adalah informasi tips sehat dengan cara mengkonsumsi buah labu madu yang banyak mengandung manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat buah labu kuning dan banyak kandungan gizinya"